<
 
Home Nasional Otonomi Politik Ekonomi Hukrim Sport LifeStyle Metropolis Pendidikan Internasional Indeks
 
Melaka-Riau Lirik Peluang Kerjasama Baru di Kampar
Minggu, 02-10-2022 - 13:10:36 WIB
ist
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU - Pengurus Pengangkutan Perhubungan Melaka Datok Ruslan bin Ahmad mewakili Menteri Pelancongan Kebudayaan dan Warisan Negeri Melaka Datok Muhammad Jailani bin Khamis melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Riau, Sabtu.

Ada sejumlah agenda yang dihadiri diantaranya giat Kenduri Riau yang diikuti oleh puluhan pelaku ekonomi kreatif. Disamping itu, Datok Ruslan Bin Ahmad juga menghadiri jemputan silahtuhrahmi dengan Pj Bupati Kampar, Kamsol yang difasilitasi oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kampar Muhammad Amin di D Star Coffe and Resto Arifin Ahmad di Pekanbaru, Sabtu (1/10) malam.

Kepada wartawan, Datok Ruslan bin Ahmad mengatakan kunjungan ke Riau banyak membahas soal peluang kerjasama baru antara Riau dan Melaka. Sebelumnya program-program seperti ini sudah dibidik namun sempat terkendala karena pandemic. Sehingga ini merupakan momentum yang tepat untuk kembali melirik peluang tersebut.
 
"Dalam usaha kita untuk menjalin kerjasama di Provinsi Riau ini agar adanya peluang usaha baru yang bisa kita lakukan. Karena saya rasa banyak hal yang bisa kita explore. Program seperti ini sebelumnya juga sudah pernah dilakukan, karena COVID jadi terkendala, maka dari itu kita ingin membahasnya lagi agar kerjasama ini dapat kita lanjutkan," kata Datok Ruslan bin Ahmad.

Untuk Kabupaten Kampar, kata dia, melirik kerjasama di bidang pariwisata, kuliner dan perdangangan yang tentu perlu ditingkatkan lagi.

"Untuk Kampar sendiri kebetulan Pak bupati baru saja berkunjung ke Malaka dan hal yang sama kita lakukan ke Riau. Pak bupati juga sudah memberikan kita tunjuk arah apa yang boleh untuk di explore di Kampar itu sendiri. Banyak destinasi yang dapat dijelajahi di Kampar, begitupun kulinernya yang boleh kita gaungkan bersama dan bisa kita explore dan bawa ke Malaysia, begitu juga sebaliknya," katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Kampar Kamsol mengatakan bentuk kolaborasi ini akan segera diwujudkan dalam kesepakatan tertulis dan ditindaklajuti. Kerjasama yang dibangun antara kedua belah pihak diharapkan tidak hanya merambah ke pasar dua negara ini saja, tapi cakupannya dapat merambah pasar internasional yang lebih luas.

Mereka akan membawa rombongan lagi, untuk membahas konsep MoU yang sudah kita lakukan untuk tindaklanjuti teknis seperti apa agar dapat terwujud dengan baik. Kita ingin membangun kolaborasi yang tidak hanya mengisi pasar Riau-Melaka dan Kuala Lumpur - Indonesia saja, namun bisa ke pasar yang lebih luas lagi. Jadi dengan kekuatan kebersamaan yang terjalin ini bisa berlanjut lebih besar lagi," kata Kamsol.

Kamsol berharap agar rancangan kerjasama ini memberikan dampak yang positif tidak hanya bagi Riau dan Melaka namun bagi Indonesia dan Malaysia.

"Kita melihat cara pengemasan produk dari Malaysia ini sudah cukup bagus menggunakan teknologi yang sangat tinggi sehingga kita bisa belajar. Jadi sharing padu dalam rangka meningkatkan kapasitas ekonomi kedua negara," ujar Kamsol yang sebelumnya sudah berkunjung terlebih dahulu ke Melaka belum lama ini

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPK) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kampar Muhammad Amin mendorong agar konsep kerjasama Riau-Melaka dimatangkan. Dalam kaca mata pebisnis, dia melihat ada gelombang pasar yang besar yang bakal terwujudkan jika kerjasama ini ditindaklajuti dengan bauk. Peluang ini juga harus dijadikan untuk mendorong perekonomian daerah untuk bangkit pasca pandemic.

"Semoga kerjasama ini dapat diekskusi dalam  kerja nyata. Dalam pertemuan tadi saya bersama Pj Bupati Kampar, bicarakan tentang program UMKM yang akan kita gagas bulan 2 nanti, mohon doanya agar terlaksana dengan baik supaya dapat membantu ekonomi Masyarakat Kampar," ucapnya.

Amin juga mengucapkan terimakasih  kepada Rombongan dari Malaysia yang telah menghadiri jemputan dan singgah ke Dstar Coffe and Resto miliknya.

"Saya selaku tuan rumah mencoba untuk membalas budi dari teman-teman dari Malaysia yang mana kemarin kami juga disambut dengan cukup baik disana," ycap Amin.

Dia mengatakan jamuan malam itu juga sekaligus untuk mempromosikan kuliner Kampar.  "Jadi malam ini kami sajikan masakan ciri khas Kampar yaitu ikan salai dan asam pedas ikan baung," tuturnya. (*)




 
Berita Lainnya :
  • Antipasi Stunting, Wabup Ajak Semua Stake Holder Bersinergi
  • Kabupaten Rokan Hilir Raih Kategori Pelayanan Publik
  • Rombongan Bupati Pasaman Kunjungi Pertanian Terpadu Milik Tokoh Kampar
  • Bupati Rohil Afrizal Sintong Hadiri Acara 2nd Northern Sumatra Forum SKK Migas–KKKS Sumbagut
  • Bupati Rohil: Penghargaan Ini Tidak Terlepas dari peran aktif BKPSDM Kabupaten Rohil
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    + Indeks Berita +
    01 Antipasi Stunting, Wabup Ajak Semua Stake Holder Bersinergi
    02 Kabupaten Rokan Hilir Raih Kategori Pelayanan Publik
    03 Rombongan Bupati Pasaman Kunjungi Pertanian Terpadu Milik Tokoh Kampar
    04 Bupati Rohil Afrizal Sintong Hadiri Acara 2nd Northern Sumatra Forum SKK Migas–KKKS Sumbagut
    05 Bupati Rohil: Penghargaan Ini Tidak Terlepas dari peran aktif BKPSDM Kabupaten Rohil
    06 Melaka-Riau Lirik Peluang Kerjasama Baru di Kampar
    07 Tampung 300 Pelaku UMKM, Pemko Pekanbaru Tata Area CFD
    08 Konferprov PWI Riau Perkuatkan Hubungan Silaturahim dan Berikan Saran Pembangunan Daerah
    09 Sempena Hari Bhayangkara ke 76, Tim Anjang Sana Polda Riau Kunjungi Keluarga Jurnalis Mitra
    10 Syamsuar Ingatkan IPDN Punya Tanggungjawab Majukan Negara
    11 Aklamasi! Zulmansyah Sekedang Kembali Dipercaya sebagai Ketua PWI Provinsi Riau
    12 Soal Dugaan THL Titipan, Muflihun: yang Bodong akan Kita Buang
    13 Masyarakat Bisa Lapor Pelanggaran Perda ke Gerai Satpol PP di MPP Pekanbaru
    14 Gelar Apresiasi 'Setapak Perubahan Polri', Kapolri: Bentuk Dukungan Masyarakat agar Polri Lebih Baik
    15 Konferensi Provinsi XV PWI Riau Pesta Demokrasi Wartawan
    16 Gelaran Kreasi Setapak Perubahan Polri, Riau Menyabet Juara I Kategori Lomba Film Pendek
    17 Komisi II DPRD Pekanbaru Hearing, Disperindag Pekanbaru Lonjakan Harga Cabai dan Bawang Murni Pasoka
    18 Silaturahmi ke Purnawirawan Polri, Kapolda Irjen Iqbal : Beliau Adalah Guru Panutan dan Senior Kami
    19 Kabupaten Pelalawan Pastikan Kirim Kafilah di MTQ Riau di Rohil
    20 HUT ke-238, Gubri Berharap Terpilih Walikota Terbaik untuk Selesaikan PR Pekanbaru
    21 Alamak! Oknum PNS di Rohil Dibekuk Polisi Karena Ketahuan Maling AC
    22 Pj Wali Kota Siap Bersinergi dengan Ketua DPRD Pekanbaru
     
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © Kompenews.com